Tujuh Masalah Gangguan Lambung

Gangguan lambung saat ini banyak di alami oleh masyarakat. Hal ini dikarenakan pola hidup yang tidak baik, mulai dari pola makan yang buruk, jarang berolahraga dan tingkat stres yang tinggi. Berikut adalah tujuh masalah gangguan lambung yang sering dialami:

1. Maag

Maag  merupakan bahasa Belanda. Dalam bahasa Indonesia, maag berarti lambung. Nama maag lebih popular dibanding dengan bahasa asing lainya yaitu gaster. Namun dalam medis, gaster sangat popular dibanding maag maupun lambung.

Untuk penjelasan lebih lengkap tentang penyakit maag anda bisa membaca artikel berikut ini :

Apa itu Maag?

2. Radang Lambung (Gastritis)

Radang lambung atau Gastritis adalah penyakit pencernaan yang terjadi ketika lapisan dinding (mukosa) lambung meradang atau membengkak.

Untuk penjelasan lebih lengkap tentang penyakit Radang Lambung (Gastritis) anda bisa membaca artikel berikut ini :

2 Tipe Radang Lambung dan 10 Jenis Radang Lambung

3. Asam lambung (Refluks)

Penyakit asam lambung adalah penyakit yang terjadi karena naiknya asam lambung menuju esofagus atau kerongkongan. Kondisi ini terjadi pada saluran pencernaan yang menghubungkan mulut dan lambung. Naiknya asam lambung merupakan kondisi yang umum namun bisa menimbulkan nyeri pada ulu hati. 

Untuk penjelasan lebih lengkap tentang penyakit Radang Lambung (Gastritis) anda bisa membaca artikel berikut ini :

8 Penyebab dan 12 Gejala Asam Lambung

4. GERD : Gastro Esophageal Reflux Disease

GERD (gastroesophageal reflux disease) atau penyakit asam lambung disebabkan oleh melemahnya katup atau sfingter yang terletak di kerongkongan bagian bawah.

Untuk penjelasan lebih lengkap tentang penyakit GERD anda bisa membaca artikel berikut ini :

Apa itu Gerd, Penyebab, dan Gejalanya?

5. Radang Usus (Enteritis)

Inflammatory bowel disease atau radang usus adalah peradangan pada saluran pencernaan yang ditandai dengan adanya iritasi hingga luka. Radang usus dapat menimbulkan gejala berupa diare, nyeri perut, dan berat badan turun.

6. Sindrom Iritabilitas Usus

Irritable Bowel Syndrome (IBS) atau Sindrom Iritabilitas Usus adalah istilah yang diberikan oleh para dokter untuk keadaan ketika usus sering berulah atau mengalami gangguan fungsi tanpa ada penyakit atau alasan jelas.

Bagaimana hal itu terjadi? Baca selengkapnya di artikel berikut ini :

Mengenal Sindrom Iritabilitas Usus

7. Kanker lambung

Sejauh ini penderita kanker lambung di Indonesia kebanyakan berusia di atas 45 tahun dan sering terjadi pada laki-laki. Seperti.jenis kanker lainnya, penyebab kanker lambung belum diketahui secara pasti tetapi selalu berhubungan dengan tukak lambung, peradangan pada lambung yang disertai penyusutan lambung atau faktor genetik.

Dari hasil penelitian, diketahui bahwa terdapat hubungan antara kanker lambung dengan makanan yang dikonsumsi. Hal ini akan membantu Anda mengenali apa saja faktor resiko terserang kanker lambung, cara melakukan deteksi dini, cara menghindari kanker lambung, dan bagaimana mengetahui gejala-gejala kanker lambung.

Selengkapnya dapat anda baca di artikel berikut ini :

Gejala, Penyebab, dan Cara Mencegah Kanker Lambung

Baca juga :