8 Penyebab dan 12 Gejala Asam Lambung

Penyakit asam lambung adalah penyakit yang terjadi karena naiknya asam lambung menuju esofagus atau kerongkongan. Kondisi ini terjadi pada saluran pencernaan yang menghubungkan mulut dan lambung. Naiknya asam lambung merupakan kondisi yang umum namun bisa menimbulkan nyeri pada ulu hati. 

8 Penyebab Asam Lambung Naik

Berikut 8 penyebab asam lambung naik :

  1. Adanya tukak lambung/luka lambung
  2. Adanya gastritis/radang lambung
  3. Adanya Sindrom Iritabilitas Usus
  4. Stress, depresi dan psikosomatik
  5. Obat kimia tertentu
  6. Jenis makanan dan minuman yang dikonsumsi
  7. Pola makan yang tidak teratur
  8. Gaya hidup yang tidak benar

12 Gejala Asam lambung (Refluks)

Refluks atau naiknya asam lambung ke esofagus (saluran pencernaan, atas) umumnya menimbulkan rasa panas dan terbakar di sekitar dada (bukan sakit jantung). Namun ada pula gejala refluks yang tidak biasa. bahkan sulit dicari hubungannya dengan refluks sehingga seringkali membuat diagnosis yang salah.

Ada 2 kasus pasien :

  1. Divonis dokter sakit jantung disuruh operasi jantung biaya ratusan juta. Setelah didiagnosis konsultan Pak Jarot positif bukan sakit jantung melainkan asam lambung naik. Pak Joko Puro Asri Pensiunan Jaksa diagnosis rumah sakit Surabaya dan
  2. Pak Wanto Guru SMP Negeri 4 Sragen didiagnosis dokter rumah sakit Solo sakit jantung harus operasi, karena tidak tersedia dana beliau menolak, konsultasi dengan Pak Jarot. Pak Jarot bisa membedakan antara sakit jantung dan asam lambung karena pernah lulus pendidikan kapita selekta kardiologi di rumah sakit jantung harapan kita Jakarta tahun 1999.

Maka penting halnya untuk mengetahui gejala refluks guna mendapat pengobatan yang tepat. Berikut ini di antaranya :

Baca juga :